Recent Posts

    Apa Perbedaan Antara Deep Web, Darknet, dan Dark Web?


    Internet sangat luas, namun sebagian besar masih belum tersentuh oleh dunia biasa. Kami menganggapnya itu dengan nama Deep Web, Darknet, dan Dark Web. Darknet adalah jenis jaringan yang tidak dapat diakses dengan menggunakan mode normal. Deep Web - yang mencakup web gelap sebagai subset - adalah bagian dari world wide web yang tidak diindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing, DuckDuckGo.

    Bagi sebagian besar dari kita, web terbatas pada sepuluh dua puluh atau mungkin lima puluh situs web. Sebagian besar koleksi terbatas ini berupa situs dan layanan Google. Pada kenyataannya, internet sangat besar, dan memiliki sekitar satu miliar situs web yang ada di server di seluruh dunia.
    Bahkan dengan miliaran situs web itu, web tidak lengkap. Banyak yang percaya bahwa world wide web yang kita lihat hanyalah puncak gunung es. Dua istilah Darknet dan Deep Web, dalam beberapa hal, membenarkan adanya jaringan tersembunyi ini yang kebanyakan orang tidak sadar. Dan mereka yang tahu tentang darknet sering membingungkannya dengan web yang dalam. Padahal, keduanya benar-benar terpisah.



    Apa itu Deep Web?


    apa itu deep web

    Selama berabad-abad, ketika teknologi menjadi maju, manusia membangun mesin yang mampu menyelam ke kedalaman samudra. Begitulah cara kita bisa menemukan sisa-sisa RMS Titanic. Crawler mesin pencari melakukan pekerjaan yang sama seperti yang dilakukan oleh kapal selam penjelajah. Mereka terjun ke internet dan mencatat apa pun yang mereka temukan.

    Mereka mungkin telah menemukan Titanic, tapi ada banyak hal yang bisa ditemukan di samudera tak berdasar. Mirip dengan kasus crawler mesin telusur, mereka belum mengidentifikasi berbagai bagian World Wide Web, dan kami menyebutnya Web Deep.

    Misalnya, mesin pencari tidak akan dapat mengakses server dan situs web yang menginangi data tentang beberapa misi rahasia rahasia yang dipimpin oleh pemerintah. Tapi web dalam tidak misterius kedengarannya. Jaringan pribadi, ditandai sebagai web dalam, bisa berada tepat di samping rumah Anda. Hanya saja internet yang tidak terjangkau oleh crawler search engine standar. Misalnya, jaringan dikelola oleh beberapa layanan streaming berbayar. Ini adalah jenis web yang dalam atau web tersembunyi. Jelas, mesin pencari tidak akan memilih berlangganan bulanan untuk mengindeks katalog situs web semacam itu.

    Apa itu Darknet?


    Berlawanan dengan deep web, Darknet lebih dikenal masyarakat. Ini adalah jaringan terenkripsi yang dibangun di atas internet yang ada, dan perangkat lunak atau perangkat khusus diperlukan untuk mengakses darknet. Mungkin saja, protokol konvensional yang digunakan di internet mungkin tidak bekerja di darknet.

    Darknet memberikan anonimitas kepada pengguna. Salah satu darknet tersebut adalah Tor atau The Onion Router. Anda memerlukan browser Tor untuk masuk ke jaringan Tor.

    Tor dapat digunakan untuk mengunjungi situs internet sehari-hari, namun juga memiliki banyak situs dan layanan tersembunyi yang tidak dapat diakses di internet biasa. Tor memaksa mereka menggunakan protokolnya yang dikenal dengan Tor Hidden Service Protocol. Dan situs-situs yang terbatas pada jaringan Tor memiliki alamat .onion khusus. Karena ini, darknet Tor juga dikenal sebagai bawang bombay.

    Jaringan Friend-to-Friend (F2F) adalah jenis darknet yang lain. Dalam kasus ini, dua orang yang akrab berkomunikasi satu sama lain secara langsung melalui internet. Mereka mungkin ingin berbagi beberapa file melalui koneksi P2P. Jaringan semacam itu, yang tidak bisa diakses oleh orang lain, dapat dienkripsi atau dilindungi kata sandi. Jadi, hanya orang yang bersangkutan yang memiliki akses.

    Apa itu Dark Web?

    Ada hal lain yang ingin Anda sadari, web yang gelap. Anda bisa memikirkan web gelap sebagai bagian dari web dalam. Anda perlu memahami perbedaan antara web dan darknet yang dalam, dan fakta bahwa internet dan WWW (World Wide Web) bukanlah hal yang sama.

    Darknet adalah jaringan, dan web dalam merupakan bagian dari World Wide Web yang berada di luar jangkauan mesin pencari. Jadi, kita bisa menguraikan web gelap seperti World Wide Web dari darknets seperti Tor, Freenet, dll. Artinya, layanan dan situs yang berjalan di darknet adalah web gelap.


    Itulah perbedaan antara Deep Web, Dark Net, Dark Web menurut pendapat saya sendiri. Jika pendapat saya kurang anda terima, silahkan tuliskan pikiran atau pendapat Anda di kolom komentar. Terima kasih

    0 Response to "Apa Perbedaan Antara Deep Web, Darknet, dan Dark Web?"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel