Recent Posts

    Ini Dia,8 Kelas Kelas Dalam Dunia Hacker

    8 Kelas Kelas Hacker




    Seperti yang kita ketahui Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan, misalnya ada event bug bounty, atau memang pekerjaannya menganalisis sistem,dan lain lain.  Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang kelas-kelas hacker menurut AgakGaptek.

    1. Black-Hat Hacker
    2. White-Hat Hacker
    3. Gray-Hat Hacker
    4. Suicide Hacker
    5. Script Kiddies
    6. Cyber Terorris
    7. State Sponsored Hacker
    8. Hacktivist


    Untuk penjelasanya kita akan urakan satupersatu. Simak kelas kelas hacker berikut.

    1. Black-Hat Hacker

    Black-Hat Hacker adalah hacker yang melanggar keamanan komputer untuk kepentingan diri sendiri atau untuk teamnya dengan alasan dendam atau iri terhadap suatu website ataupun sebuah sistem. Istilah ini diciptakan oleh Richard Stallman dengan latar belakang kedengkian dari hacker kriminal terhadap main-main dan eksplorasi oleh hacker, atau etos  kerja White-Hat Hacker yang mengeksplorasi sistem untuk mengidentifikasi suatu sistem dan memperbaikinya. Black-Hat Hacker membobol jaringan atau sistem untuk menghancurkan,memodifikasi, dan mencuri data atau jaringan tidak dapat digunakan lagi. Ini yang menakutkan bagi pengguna-pengguna internet yang tidak protectiv .Sebagai SmartUser kita harus berhatihati ketika berselancar di Internet bebas. Bisa diartikan Black-Hat Hacker adalah musuh dari White-Hat Hacker.

    2. White-Hat Hacker

    White-Hat Hacker menggambarkan seorang hacker yang mengidentifikasi atau menguji kelemahan keamanan dalam sebuah sistem komputer atau jaringan, bukan untuk mengambil aau mencuri data untuk keuntungan sendiri tetapi melaporkan kepada pemilik sistem komputer,web atau jaringan agar diperbaiki kelemahannya sebelum dimanfaatkan oleh orang lain seperti Black-Hat Hacker. Salah satu Metode untuk memberitahu pemilik sistem ini dengan mengirimkan email pengaduan terhadap kelamahan sistem kepada Administrator Sistem Komputer. White-Hat Hacker Biasanya dipanggil “Ethical Hacker” Atau Hacker yang ber etika. Dikarenakan hacker White-Hat tidak mencuri atau merusak data tetapi sebaliknya malah menganalisis keamanan dan menjaganya.

    3. Grey-Hat Hacker

    Istilah Grey-Hat Hacker mengacu pada hacker atau ahli keamanan komputer yang kadang kadang melanggar hukum atau etika hacking, tetapi Grey-Hat hacker tidak memiliki niat jahat seperti Black-hat Hacker. Grey-Hat ini ada ditengah tengah antara White-Hat Hacker dengan Black-Hat Hacker. 

    Perbedaannya terletak pada Grey-Hat untuk menemukan kelemahan atau kerentanan suatu sistem. Jika White-Hat Hacker masuk kedalam sistem komputer atau jaringan atas ijin Administrator atau pemilik sistem komputer dengan tujuan untuk menentukan seberapa aman sistem itu terhadap Hacker Black-Hat. Sedangakn Black-Hat Hacker masuk kedalam suatu sistem atau jaringan tanpa ijin dan mengungkap kelemahan tersebut atau mencuri data untuk kepentingan diri sendiri. Grey-Hat hacker ada ditengah tengah, Mereka memiliki niat dan ketrampilan seperti Hacker White-Hat tetapi masuk kedalam sistem atau jaringan tanpa ijin.

    Menurut salah satu definisi Grey-Hat Hacker, ketika mereka menemukan kelemahan atau bug suatu sistem mereka tidak akan mengatakan kepada vendor atau administrator bagaimana caranya, tetapi menawarkan jasa untuk memperaikinya dengan bayaran uang.

    4. Suicide Hacker

    Suicide dalam bahasa Indonesia “Bunuh Diri”. Ya konsep Suicide Hacker seperti pelaku bom bunuh diri. Mereka tidak memperdulikan resiko yang tinggi terhadap apa yang sedang dilakukan, mungkin karena sebab apa mereka rela melakukannya. Mereka siap dipenjara berpuluhpuluh tahun, walaupun sudah tau hukumannya tetapi mereka tetep melakukannya. Mungkin mereka menyerang Sistem Perbankan dan kontrol lalu lintas negara.

    5 Script Kiddies

    Biasa dipanggil skiddie, skid, atau script bunny. Disini saya menggunakan panggilan Skiddie. Skiddie adalah seorang individu yang terampil menggunakan program atau skrip yang dibuat dan dikembagkan oleh orang lain untuk menyerang sistem komputer,jaringan dan deface website. Secara umum diasumsikan bahwa Skiddie adalah orang yang tidak memiliki kemampuan untuk menulis kode atau membuat program tetapi ahli dalam menggunakan program yang di buat orang lain dengan tujuan agar di segani teman-teman, masyarakat, atau sekolah.

    6. Cyber Terorist

    Bisa diartika teroris yang menggunakan teknologi komputer dan internet untuk menyebabkan ketakutan dan gangguan. Biasanya mereka menyebarkan virus komputer serta mengancam orang secara online. Jika ada yang menyebarkan dan mengancam orang melalui internet khususnya kejahatan yang mengancam bahaya nyata, pelakunya adalah Cyber-Terorist . Mungkin maksud ideologis mereka ingin meneror dan melakukannya untuk kepentingan sendiri, pemerintah takut bahwa Cyber-Terorist bisa mengganggu perekonomian suatu negara.

    7. State Sponsored Hackers

    Jika sebelumnya anda melihat perang antara satu negara dengan negara lain dengan kontak fisik atau senjata api, maka sekarang juga terjadi secara online. State Sponsored Hackers adalah hacker yang si sponsori oleh negara untuk memastikan bahwa tidak ada celah pada keamanan infrastruktur negara. Mereka di bayar oleh negara bisa jadi untuk menyusup ke sistem negara lain dan mencuri data mereka , atau bisa saja merusak data. Mereka memiliki keahlian khusus pada bidangnya, keahlian yang lebih dari kelas kelas Hacker Sebelumnya.

    8. Hacktivist

    Hacktivism adalah tindakan hacking,atau membobol sistem komputer untuk tujuan bermotif politik dan sosial. Orang yang melakukan Hacktivism adalah Hacktivist. Hacktivist menggunakan alat dan teknik yang sama seperti hacker umumnya tapi tidak begitu mengganggu layanan dan hanya membawa perhatian terhadap pesan yang di tuliskan oleh Hacktivist pada sebuah web atau sistem komputer. 

    Baru baru ini ada hacktivist yang kesal lantaran sering di tilang polisi, dan hactivist itu menitipkan pesan pada sebuah website kepolisiaan daerah setempat atau biasa di sebut Deface Web. Apakah hacktivism Legal? Menurut saya sendiri itu hal legal, karena tindakan mereka setara dengan protes atau kritik, asal hacktivist itu mem-backup data yang di modifikasinya.


    Itulah beberapa kelas kelas Hacker, kita bisa menilai kita sendiri. Pesan untuk Black-Hat Hacker, kurangilah merusak sistem ,jaringan atau web. Sebaiknya kalian bilang kepada Vendor/Administrator jika ada celah ,jika memang rejeki kalian bisa di kasih uang sebagai bayaran

    0 Response to "Ini Dia,8 Kelas Kelas Dalam Dunia Hacker"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel